Biografi Abdulrahman Saleh

Biografi Abdulrahman Saleh

Abdulrahman Saleh
Abdulrahman Saleh
Biografi Lengkap Abdulrahman Saleh - Abdulrahman Saleh, Prof. dr. Sp.F, Marsekal Muda Anumerta dilahirkan pada tanggal 1 juli 1909 di Jakarta, beliau adalah pahlawan yang dikenal dengan sebutan “karbol” yang merupakan tokoh radio republik indonesia atau yang lebih dikenal dengan singkatan RRI dan merupakan salah satu bapak fisiologis kedokteran Indonesia. Pada masa mudanya beliau bersekolah di HIS (sekolah rakyat berbahasa belanda) dan kemudia ia teruskan di stovia yang merupakan salah satu sekolah tinggi dalam idang kesehatan atau sekarang kedokteran. Setelah ia memperoleh ijazah dkter kemudian beliau mendalami ilmu faal yang kemudian beliau menjadi bapak ilmu faal Indonesia.

Pada saat Belanda mengadakan agresi pertamanya, Adisutjipto dan Abdulrachman Saleh diperintahkan ke India. Dalam perjalanan pulang mereka mampir di Singapura untuk mengambil bantuan obat-obatan dari Palang Merah Malaya. Keberangkatan dengan pesawat Dakota ini, mendapat publikasi luas dari media massa dalam dan luar negeri.

Tanggal 29 Juli 1947, ketika pesawat berencana kembali ke Yogyakarta melalui Singapura, harian Malayan Times memberitakan bahwa penerbangan Dakota VT-CLA sudah mengantongi izin pemerintah Inggris dan Belanda. Sore harinya, Suryadarma, rekannya baru saja tiba dengan mobil jip-nya di Maguwo. Namun, pesawat yang ditumpanginya ditembak oleh dua pesawat P-40 Kitty-Hawk Belanda dari arah utara. Pesawat kehilangan keseimbangan dan menyambar sebatang pohon hingga badannya patah menjadi dua bagian dan akhirnya terbakar.

Peristiwa heroik ini, diperingati TNI AU sebagai hari Bakti TNI AU sejak tahun 1962 dan sejak 17 Agustus 1952, Maguwo diganti menjadi Lanud Adisutjipto.





0 Response to "Biografi Abdulrahman Saleh"

Poskan Komentar